Minggu, 18 Oktober 2009

Pesona Pulau Sempu



Harian Surya
Selasa, 1 September 2009

MASIH ingat film The Beach (dibintangi Leonardo Di Caprio). Film ber-setting di Phi Phi Island, Thailand itu, menampilkan keindahan pantai terpencil yang memukau. Jangan salah, Jawa Timur punya suguhan wisata sepadan, yakni Pulau Sempu.

Informasi keberadaan Pulau Sempu masih minim. Tak heran, warga Jawa Timur kurang paham. Padahal, tempat ini punya alasan kuat sebagai objek wisata eksotik. Akses jalan bisa dilalui dengan mudah. Untuk menyeberang, bisa sewa perahu nelayan Rp 100.000, sekaligus penjemputan. Kapasitas 10-15 orang.

Pulau Sempu adalah cagar alam di ujung selatan Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, berhadapan dengan Pantai Sendang Biru. Lebih dari 100 jenis burung ditemukan di sini. Lutung jawa, kancil dan babi hutan juga menempati pulau seluas 850 hektare ini. Yang tak kalah menarik, adanya kawanan ikan badut, yang bisa dinikmati dengan selam permukaan (snorkling).

Ada tiga lokasi yang biasa dikunjungi, yaitu Waru-Waru (pantai pesisir untuk berkemah), Tlaga Lele (satu-satunya sumber mata air di tengah pulau), dan Segara Anakan, kolam air asin besar menyerupai lingkaran dengan biota lautnya yang dipisahkan barisan karang.

Suplai air laut melalui satu celah bongkahan batu yang dinamakan karang bolong. Keelokan butiran pasir putih dan air laut biru toska yang menggenang datar segera menghapus lelah setelah perjalanan menembus hutan selama 1,5 jam. Sebuah desain alam nan memesona.

Sayang, potensi wisata alam ini tidak diimbangi dengan sikap bijak pengunjungnya. Banyak dari mereka meninggalkan barang bawaan yang mengotori keaslian Sempu. Sikap egois itu perlahan-lahan memberi dampak buruk bagi lingkungan. Mari, sama-sama kita jaga Sempu sebagai cagar alam yang memiliki nilai konservasi tinggi, untuk kini dan nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar